Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Pilihan Perjalanan Darat Ke Batulicin

Batulicin adalah sebuah kota kecil yang berada di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Batulicin juga merupakan ibukota dan pusat Pemerintahan Daerah dari Kabupaten tersebut.

Secara geografis Batulicin terletak di pesisir Kalimantan Selatan dan berbatasan dengan Kabupaten Kotabaru, Kabupaten Tanah laut, Kabupaten Banjar, dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Di tempat ini terdapat banyak pelabuhan khusus, pelabuhan umum bahkan bandara sehingga tak mengherankan jika di Batulicin juga merupakan salah satu pusat ekonomi di Kalimantan Selatan.

Batulicin berada sekitar 275 Km dari pusat kota Banjarmasin yang merupakan kota terbesar di Kalimantan Selatan atau sekitar 380 Km jika ingin melakukan perjalanan dari kota Balikpapan, Kalimantan Timur. (sumber : google maps)

Saat ini tersedia beberapa pilihan angkutan darat untuk mencapai Batulicin mulai dari Bus, taksi, travel, hingga sewa mobil atau carteran.

BUS

Salah satu cara yang bisa anda gunakan ketika ingin melakukan perjalanan menuju Batulicin yaitu menggunakan Bus DAMRI. Rute perjalanan Bus DAMRI yang tersedia saat ini antara lain:
  • Banjarmasin-Batulicin
  • Batulicin-Banjarmasin
  • Batulicin-Balikpapan (via Sengayam)
  • Batulicin-Samarinda (via Balikpapan)
  • Samarinda-Batulicin (via Balikpapan)
  • Balikpapan-Batulicin (via Sengayam)
Bus DAMRI


Jadwal keberangkatan Bus DAMRI tersebut yaitu:
  • Banjarmasin-Samarinda via Batulicin dan Balikpapan (Pukul 10.00)
  • Batulicin-Samarinda via Balikpapan (Pukul 18.00)
  • Samarinda-Banjarmasin via Balikpapan dan Batulicin (Pukul 10.00)
  • Balikpapan-Banjarmasin Via Batulicin (Pukul 13.00)
  • Batulicin-Banjarmasin (pukul 01.00)
Adapun salah satu kantor cabang bus DAMRI terletak di Jl. Trikora, Guntung Manggis, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

TAKSI

Taksi adalah transportasi non-pribadi yang umumnya adalah sedan serta dapat merujuk kepada angkutan umum lain selain mobil yang mengangkut penumpang dalam kapasitas kecil (sumber).

Namun lain halnya di Batulicin, angkutan taksi yang dimaksud masyakarat Batulicin sebenarnya adalah angkutan umum mobil colt L300 mininus standar berkapasitas 10 orang.

Taksi Colt L300 adalah salah satu angkutan umum tertua yang beroperasi di Batulicin. Angkutan ini hanya melayani perjalanan dari terminal ke terminal antar kota di Kalimantan Selatan.

Colt L300 Mini Bus

Rute perjalanan taksi colt L300 yang tersedia diantaranya:
  • Batulicin-Banjarmasin
  • Banjarmasin-Batulicin
Sama halnya dengan bus DAMRI, untuk menggunakan angkutan ini, calon penumpang diharuskan berada di terminal terlebih dahulu, dalam hal ini terminal Batulicin Kersik Putih atau terminal Gambut yang berada di Jalan Ahmad Yani KM. 17 Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

TRAVEL dan CARTERAN

Jika ingin lebih praktis bepergian ke Batulicin, anda dapat menggunakan jalur angkutan travel. Angkutan travel merupakan jalur transportasi yang banyak di pilih masyakarat di sini selain bus karena layanan door to door nya sehingga lebih simple dan anti repot.

Beberapa rute perjalanan travel yang tersedia di antaranya:
Salah satu agen travel yang melayani perjalanan ke Batulicin yaitu BATRAV (Batulicin Travel).

BATRAV menyediakan armada mulai dari Avanza, Xenia, Ertiga, Cayla, dan Sigra, dimana armada tersebut secara rutin melayani perjalanan dari dan ke Batulicin, Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, dan Palangka Raya baik reguler maupun carteran.

Informasi lebih lanjut mengenai BATRAV maupun pemesanan dapat langsung menghubungi BATRAV 0852-1515-1544 (phone or whatzapp).

Sebelum anda menentukan pilihan, lakukan terlebih dahulu riset kecil mulai dari moda transportasi yang akan digunakan, tarif perjalanannya, hingga waktu tempuh yang dibutuhkan agar ada persiapan ketika melakukan perjalanan tersebut.

Demikian beberapa pilihan perjalanan darat menuju Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Beberapa Pilihan Perjalanan Darat Ke Batulicin"