Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Tanaman Pekarangan Rumah Ber Khasiat Mistis

Kebutuhan tanaman saat ini sangat tinggi oleh berbagai lapisan masyarakat tidak saja di perkotaan namun juga di pedesaan khususnya kebutuhan akan tanaman hias.

Fungsi tanaman hias biasanya digunakan sebagai pelengkap sekaligus untuk mempercantik ruangan baik didalam maupun di halaman rumah tinggal.

Namun tahukah anda ternyata banyak mitos yang berkembang di masyarakat terkait tanaman hias tersebut bahkan tidak sedikit beberapa masyarakat indonesia masih ada yang mempercayainya hingga sekarang loh. 

Beberapa tanaman hias yang ada saat ini dipercaya mempunyai khasiat mistis yang dapat memancarkan aura baik maupun aura buruk bagi pemilik rumah saat tanaman tersebut kita ditanam di halaman rumah.

Ada yang menghindari tanaman tersebut, namun tidak sedikit juga yang tetap untuk menanam dan merawat tanaman tersebut walaupun menurut mitos tanaman tersebut memiliki dampak aura negatif bagi penghuninya.

Anda penasaran dengan tanaman apa saja yang di percaya memiliki khasiat mistis tersebut? Nah langsung saja berikut beberapa tanaman di pekarangan rumah yang di percaya mempunyai khasiat mistis.

Bunga Sedap Malam

Tanaman pekarangan rumah yang dipercaya mempunyai khasiat mistis yang pertama yaitu bunga sedap malam.

Seperti namanya, Bunga sedap malam merupakan jenis tanaman hias yang hanya mekar dan berbunga pada malam hari.

Bunga sedap malam ini memiliki varian bunga berwarna kuning, merah, dan putih. Umumnya tanaman sedap malam yang sering kita jumpai kebanyakan berwarna putih.

Perawatan tanaman sedap malam ini tergolong mudah dan tidak memerlukan media tanam yang rumit sebagaimana kebanyakan tanaman hias karena cukup di tanam dalam pot atau langsung tanam ke tanah yang telah disediakan.

Bunga sedap malam ini mengeluarkan wangi yang menyegarkan dan menyejukkan sehingga tak mengherankan jika bunga sedap malam juga digunakan sebagai dasar pembuatan parfum.

Saat ini tanaman sedap malam banyak di jual di toko tanaman hias dengan harga yang bervariasi tergantung kualitas.

Menurut mitos dari kalangan pencinta tanaman hias, bunga sedap malam yang di tanam di halaman rumah dipercaya dapat memberikan kenyamanan dan ketenangan bagi penghuni rumah tersebut.

Pinang Merah atau Palem Merah

Pohon Pinang Merah
Pinang Merah (Sumber :bibitbunga)


Tanaman pekarangan rumah yang di percaya mempunyai khasiat mistis berikutnya yaitu pohon pinang merah atau palem merah.

Pohon pinang merah atau palem merah merupakan palem hias yang memiliki kelopak berwarna merah atau kemerahan dan biasanya di tanam di depan pekarangan rumah atau belakang rumah.

Pohon pinang merah atau palem merah tersebut bisa mencapai ketinggian 10 meter. Semakin tinggi dan semakin lebat rumpunnya semakin mahal harganya. Biasanya pohon pinang merah yang memiliki tinggi 1-1,5 meter dijual dengan harga > Rp 250.000 tergantung kualitas.

Perawatan pohon pinang merah juga tidak terlalu susah, hanya perlu penyiraman secukupnya ketika pohon mulai layu. Kemudian lakukan pemotongan daun kering disekitar pohon pinang tersebut minimal 2 bulan sekali tergantung kebutuhan.

Pohon Pinang khususnya Pinang Merah (palem merah) yang di tanam di pekarangan rumah dipercaya membantu meningkatkan rejeki anggota keluarga di penghuni rumah serta di percaya aura dari pohon pinang yang dipancarkan mampu menangkis ilmu hitam di sekitar lingkungan rumah. 

Bunga Matahari

Bunga Matahari

Tanaman di pekarangan rumah berkhasiat mistis selanjutnya adalah Bunga Matahari.

Bunga Matahari merupakan tumbuhan semusim yang cukup banyak pengemarnya. Selain sebagai tanaman hias, tanaman bunga matahari merupakan tanaman penghasil minyak.

Ciri dari bunga matahari ialah bunganya besar dan berwarna kuning terang layaknya matahari yang bersinar. Bijinya biasanya digunakan sebagai bahan pangan misalnya kwaci.

Bunga Matahari ini juga mudah ditemukan dan banyak dijual dengan harga terjangkau dan bervariasi.
Bagi sebagian kalangan, Bunga matahari yang ditanam di depan rumah dipercaya bisa memberikan harmonisasi bagi keluarga yang tinggal di dalam rumah tersebut.

Sawo Kecik


Pohon Sawo Kecik
Pohon Sawo (Sumber :Google)


Tanaman di pekarangan rumah yang mempunyai khasiat mistis yang ke empat yaitu tanaman sawo kecik. Bagi sebagian orang buah sawo kecik ini merupakan buah yang enak untuk di konsumsi. 

Ciri khas dari pohon sawo kecik ini ialah memiliki batang kayu yang keras dan kuat sehingga cocok untuk bahan bangunan, perabot rumah tangga, dan lain sebagainya. Tinggi tanaman sawo kecil atau dalam bahasa lainnya disebut juga sawo jawa yaitu 25 meter.

Tidak seperti tanaman hias sebelumnya, tanaman sawo kecik/sawo jawa justru kini mulai langka dan jarang ada orang menjual tanaman tersebut.

Bagi sebagian orang tanaman sawo kecik dipercaya dapat meningkatkan wibawa dan kehormatan bagi yang menanamnya serta yang tinggal di dalam rumah tersebut.

Pohon Kenanga


Tanaman di pekarangan rumah yang mempunyai khasiat mistis berikutnya yaitu Pohon Kenanga, dimana aslinya pohon kenanga ini berasal dari Filipina.

Tanaman pohon kenanga memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi karena mampu menghasilkan minyak atsiri yang biasa digunakan sebagai bahan dasar parfum dan kayunya bisa dijadikan sebagai batang korek api dalam industri korek api.

Seperti pohon pinang, pohon kenanga yang ditanam di halaman rumah juga di percaya mampu menghalau ilmu hitam dan ilmu-ilmu buruk sejenisnya yang terpancar di sekeliling rumah.

Daun Kelor


Tanaman di pekarangan rumah yang mempunyai aura mistis ke enam yaitu tanaman daun kelor.

Pohon kelor ini memiliki ketinggian batang 7-11 meter. Daun kelor ini berbentuk bulat telor dengan ukuran kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai. Daunnya bisa digunakan sebagai sayur maupun obat.

Adapun bunganya berwarna putih kekuning-kuningan, biasanya bunga pohon kelor ini mengeluarkan aroma yang semerbak. 

Bagi sebagian orang daun kelor ini dapat dijadikan obat, diantaranya : 
  1. Untuk meningkatkan ketahanan tubuh
  2. Menyegarkan mata dan otak
  3. Meningkatkan metabolisme tubuh
  4. Meningkatkan struktur sel tubuh
  5. Mengurangi kerutan dan garis-garis pada kulit
  6. Meningkatkan fungsi normal hati dan ginjal
  7. Memudahkan pencernaan
  8. Dan lain sebagainya

Sama halnya dengan pohon pinang dan pohon kenangan yang dipercaya memiliki kemampuan sebagai penangkal ilmu hitam, tanaman daun kelor yang ditanam dihalaman rumah juga dipercaya mempunyai khasiat yang sama bagi pemilik rumah yaitu mampu menangkal ilmu hitam di sekitar rumah.

Tanaman Kuping Gajah


Tanaman hias selanjutnya yang dipercaya mempunyai khasiat mistis ialah kuping gajah.

Tanaman kuping gajah merupakan tanaman hias yang cukup familiar di kalangan masyarakat. 

Kuping gajah termasuk tanaman tropis dan mudah tumbuh dimana saja. Bentuk tanaman ini seperti kuping gajah, daunnya lebar namun memiliki tangkai yang kecil.

Bagi sebagian orang tanaman kuping gajah dipercaya mampu memberikan aura positif berupa kelancaran rejeki bagi penghuni rumah.

Bunga Wijaya Kusuma


Tanaman hias untuk pekarangan rumah yang dipercaya memiliki khasiat mistis berikutnya ialah Bunga Wijaya Kusuma.

Bunga wijaya kusuma termasuk kedalam tanaman jenis kaktus. Bunga ini memiliki bentuk bunga yang indah dan keunikannya yaitu hanya mekar pada saat tertentu yakni hanya mekar mulai pukul 00.00 sampai matahari terbit. 

Pada saat mekar bunga wijaya kusuma akan memancarkan aroma yang wangi. Menurut kepercayaan beberapa orang khususnya masyakarat jawa, barang siapa yang melihat bunga wijaya kusuma mekar malam hari kepadanya akan dilimpahkan rejeki. Mitos lainnya Bunga Wijayakusuma ini dipercaya mampu meningkatkan keberuntungan atau hoki bagi penghuni rumah yang menanamnya.

Saat ini Bunga Wijayakusuma termasuk tanaman langka dan sulit untuk didapatkan.

Bunga Mawar


Bunga mawar merupakan tanaman favorit untuk pekarangan rumah karena tanaman bunga ini mampu memancarkan keindahan dari bunga mawar tersebut.

Bunga mawar mudah kita temui dan hampir semua toko tanaman menjual jenis tanaman ini. Tentunya semakin cantik bunga yang dipancarkannya semakin mahal juga harganya.

Tapi tahukah anda selain karena keindahannya ternyata bunga mawar yang ditanam di pekarangan rumah juga dipercaya sebagian orang mempunyai khasiat mistis. 

Sama halnya dengan bunga wijaya kusuma, tanaman bunga mawar ini dipercaya mampu membawa rejeki bagi pemilik rumah.

Pohon Talas Besar

Pohon Talas Besar
Talas

Nah ini agak sedikit unik. Siapa yang menyangka jika tanaman talas memiliki beberapa khasiat untuk kesehatan diantaranya :

  1. Sebagai makanan pokok alternatif karena memiliki karbohidrat yang tinggi
  2. Menjadi sumber energi
  3. Menyehatkan pencernaan
  4. Menyehatkan jantung
  5. Membantu tekanan darah
  6. Meningkatkan sistem imun tubuh
  7. Mengatasi kelelahan
  8. Menghambat penuaan

Selain untuk kesehatan ternyata pohon talas juga dipercaya mempunyai khasiat mistis di dalamnya. Pohon Talas Besar yang banyak dijumpai ini dipercaya mampu menangkal penjahat, pencuri maupun tuyul yang mau mencuri harta benda anda. Silahkan di coba saja.

Pohon Anggur


Pernahkah anda menemui rumah yang memiliki usaha di depan rumahnya (ruko) dimana rumah tersebut terdapat tananam anggur dipekarangan rumahnya? Jika pernah segera ingatkan sang empunya tanaman untuk segera mengganti tanaman tersebut. 

Sebab ada mitos yang berkembang di tengah masyarakat khususnya bagi mereka yang di depan rumahnya memiliki usaha untuk tidak menanam pohon anggur di pekarangan rumahnya jika ingin usahanya maju.

Pemilik toko yang mempercayai mitos tersebut biasanya enggan untuk menaman pohon anggur di halaman rumahnya karena tanaman anggur yang ditanam tersebut di percaya dapat membuat bisnis cepat lesu dan berujung pada kebangkrutan. 

Bagaimana anda percaya? Jika tidak mau rugi sebaiknya jangan menanam pohon anggur ya.

Bunga Kamboja


Tanaman berkhasiat mistis berikutnya yaitu Bunga Kamboja.

Bunga Kamboja yang getahnya membuat gatal jika terkena kulit ini dipercaya mampu memancarkan aura positif dan negatif. Aura positif yang timbul tersebut yaitu kelancaran rejeki khususnya jika memiliki tanaman bunga kamboja dengan jumlah mahkota 4 atau 6, kenyaman di dalam rumah, dan keramahan dalam bergaul dengan lingkungan sekitar.

Akan tetapi jika bunga kamboja anda letakkan di sembarang tempat maka aura negatiflah yang akan terpancar di rumah anda.

Tanaman Daun Sirih


Selain memiliki banyak manfaat seperti bagi kesehatan tubuh ternyata Tanaman daun sirih juga dipercaya mampu memberikan khasiat mistik berupa kematangan dalam berpikir, memberikan ketenangan, dan meningkatkan kewibawaan seseorang. 

Konon, dengan meletakkan daun sirih sebagai alas kaki pada saat ujian maupun tes kerja dapat memberikan ketenangan dan bisa fokus dalam menjalani ujian tersebut. 

Selain itu, untuk orang yang sedang menjalin kasih, ketika mengantongi daun sirih di percaya dapat memberikan keberanian seseorang dalam mengatakan cinta, hal ini tentu sangat cocok untuk orang yang ingin menembak cintanya atau menemui calon mertua.

Pohon Beringin


Boleh percaya boleh tidak, pohon beringin dipercaya mempunyai khasiat mistis yang kuat yaitu dipercaya sebagai tempat roh halus.

Penampilan pohon yang rindang dan terkesan horor tersebutlah membuat mitos tersebut muncul. 

Jika didepan rumah terdapat pohon beringin yang besar dan lebat, kesan yang didapat bagi rumah tersebut yaitu kelam, dan gelap. 
Dampaknya keharmonisan didalam rumah jadi hilang, timbulnya konflik didalam rumah akan lebih sering terjadi terjadi.

Pohon Maja


Pohon Maja di percaya mempunyai khasiat mistis yang baik jika di tanam di pekarangan rumah. 

Buah Maja memang terasa pahit namun memiliki khasiat pengobatan seperti meredakan diare, meredakan lambung yang bengkak, mengatasi sembelit dan lain sebagainya.

Khasiat mistis dari pohon maja ini yaitu barang siapa yang menanamnya dipercaya mendatangkan kemakmuran, kekayaan dan peruntungan yang baik.

Tanaman Jahe


Tanaman yang memiliki khasiat mistik yang baik lainnya yaitu pohon jahe. Pohon jahe ketika di tanam dipercaya mampu memberikan aura positif berupa penangkal roh jahat yang ada di sekitar rumah anda.

Pohon Pepaya


Tanaman yang di percaya mempunyai khasiat mistis yang buruk selanjutnya yaitu pohon pepaya. 

Pohon pepaya yang di tanam di depan rumah di percaya dapat mendatangkan kesialan bagi penghuni rumah tersebut.

Untuk itu jika anda ingin menanam pohon pepaya sebaiknya dilakukan di samping rumah anda atau di belakang rumah anda jangan menempatkannya di depannya.

Pohon Belimbing Wuluh


Pohon Belimbing Wuluh di percaya memberikan aura negatif yaitu serangan roh jahat dan mudah terkena santet bagi penghuni rumah.

Tanaman Jagung


Tanaman jagung juga dipercaya memiliki energi negatif bagi pemilik rumah yang menanamnya di sekitar rumah salah satunya dimana pemilik rumah mudah terkena penyakit.

Jangan menanam pohon jagung di halaman rumah anda jika penghuni rumah anda tidak ingin sakit-sakitan.

Pohon Cabe


Cabe itu memiliki rasa pedas. Konon, jika menanam cabe di depan rumah makna yang didapat keadaan rumah akan menjadi panas dan sering terjadi pertengkaran bagi penghuni rumah.

Itulah tadi beberapa mitos tanaman di pekarangan rumah yang dipercaya mempunyai khasiat mistis yang masih di percaya hingga kini. Anda boleh percaya boleh tidak, kembali lagi kepada anda.

Posting Komentar untuk "20 Tanaman Pekarangan Rumah Ber Khasiat Mistis"