Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menggunakan Angkutan Travel Di Masa New Normal

Menggunakan angkutan umum seperti bus, angkot, maupun angkutan travel antar kota di masa pandemi seperti saat ini memang jadi dilema bagi sebagian masyarakat khususnya bagi mereka yang tidak memiliki kendaraan pribadi. Sehingga mau tidak mau, suka tidak suka, menggunakan angkutan umum adalah sebuah pilihan yang tidak bisa dihindari.

Kekhawatiran tertular penyakit covid-19 di angkutan umum adalah sesuatu yang hal yang wajar buat kita. Sama hal nya ketika anda menggunakan jasa angkutan travel mungkin ada kekhawatiran dalam diri anda tertular covid-19lalu bagaimana agar kita bisa meminimalisir penyebaran covid-19 ketika menggunakan travel antar kota tersebut?

Berikut beberapa tips pencegahan penyeberan covid-19 saat menggunakan angkutan travel.

Gunakan Masker


Tips pertama ketika berada di angkutan travel yaitu menggunakan masker selama dalam perjalanan. Penggunaan masker adalah sesuatu yang wajib untuk masa new normal saat ini tidak terkecuali di dalam angkutan umum termasuk travel.

Di satu satu sisi penggunaan masker dalam waktu yang lama khususnya dalam perjalanan antar kota memang terasa tidak nyaman. Namun hal tersebut jangan dianggap remeh, penggunaan masker yang tepat selama dalam perjalanan terbukti mampu melindungi anda dan orang lain dari virus covid-19.

Jangan pernah membuka masker anda sedikit pun ketika masih berada di dalam mobil travel. Hal ini perlu anda tekankan dalam diri anda untuk menutup celah penyebaran covid-19 yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Untuk itu sebelum anda menggunakan angkutan travel, pilihlah masker yang nyaman dan aman sewaktu digunakan dalam waktu yang lama. Segera buang atau cucilah dengan detergen masker tersebut ketika anda telah tiba di tempat tujuan.

Cuci Tangan


Tips yang kedua yang anda lakukan ketika berada di angkutan travel yaitu cuci tangan.

Tangan sering menjadi tempat menempelnya segala macam virus dan bakteri termasuk covid-19. Dan tangan juga merupakan media penyebaran covid-19 yang paling tinggi.

Untuk itu sering-seringlah cuci tangan. Cuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir atau gunakan hand sanitizer jika situasi tidak memungkinkan menggunakan sabun dan air sebelum anda menyentuh mata, hidung, dan mulut.

Hindari Menyentuh Sembarangan


Tips berikutnya yang bisa anda lakukan ketika berada di angkutan travel yaitu menghindari untuk menyentuh sembarangan seperti kaca jendela mobil maupun panel-panel yang ada didalamnya.

Jika anda memerlukan sesuatu seperti menyalakan AC atau membuka kaca jendela mobil, mintalah bantuan sopir perihal kebutuhan anda tersebut. Hal ini perlu agar tidak banyak tangan yang menyentuh panel panel tersebut.

Selain itu untuk sementara ini anda juga harus menghindari untuk bersentuhan secara langsung dengan penumpang lainnya (berjabat tangan dan lain sebagainya).

Membersihkan Diri


Tips yang keempat yang tidak kalah penting ketika menggunakan angkutan travel yaitu segera bersihkan diri anda sesaat telah tiba di tempat tujuan.

Mandi dan segera ganti baju yang anda kenakan sebelumnya. Jangan menyentuh siapa pun termasuk berjabat tangan, memeluk dan mencium sebelum anda membersihkan diri (mandi dan ganti baju).

Hal ini harus anda lakukan untuk mencegah menyebarnya covid-19 pada orang lain termasuk dalam diri anda sendiri karena kita tidak tahu apakah ada virus yang menempel di baju maupun di tangan selama dalam perjalanan tersebut.

Minum Air Hangat dan Vitamin


Langkah terakhir yang bisa anda lakukan adalah segera minum air hangat dan konsumsi vitamin C jika perlu. Vitamin C terbukti mampu memulihkan kondisi badan dengan cepat.

Posting Komentar untuk "Tips Menggunakan Angkutan Travel Di Masa New Normal"